Tags » Muamalah

Good Manners Cost Nothing

“Words that should cross your lips with ease: thank you, love you, sorry, please, excuse me.” #magicwords

Sebagian orang merasa sangat berat untuk sekadar mengucapkan kata “maaf” ketika bersalah (baik sengaja maupun tidak sengaja), “tolong” ketika meminta bantuan dan “terima kasih” ketika menerima sesuatu dari orang lain.

599 more words
S For The Soul

AL BAY'U (JUAL BELI)

Allah Ta’ala berfirman:
وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا
“Dan Allah telah menghalalkan JUAL BELI dan mengharamkan RIBA.” Q.S. Al-Baqarah: 275.

JUAL-BELI dalam bahasa ARAB sering disebut dengan kata AL-BAY’U, AL-TIJARAH, atau AL-MUBADALAH. 536 more words

Fiqh Muamalah

'AARIYYAH (PINJAM MEMINJAM)

Kata ‘AARIYYAH terambil dari kata ‘aara yang artinya pergi dan datang atau at-ta’aawur yang artinya saling bergantian.

‘AARIYYAH didefinisikan sebagai PEMBERIAN IZIN kepada orang lain untuk MENGAMBIL MANFAAT dari suatu BARANG yang dimiliki TANPA adanya IMBALAN. 400 more words

Fiqh Muamalah

Q&A : HUKUM MENJADI AGEN / RESELLER 🛍

الوسطية والاعتدال

PERTANYAAN :

اَلسَّـلَامُ عَلَـيْكُمْ وَرَحْـمَةُ اللّٰهِ وبَـرَكَاتُـّهُ

Afwan Ustadz ada pertanyaan tentang bermuamalah.
Tentang hukum jual beli sesuai syariat Islam.

Misalnya begini : 225 more words

Tanya Jawab

Akulaku Riba?!

Jaman sekarang udah keren ya. Mau kredit aja udah gampang. Katanya cicilan tanpa kartu kredit, cicilan 0%, tanpa bunga lagi. Siapa yang gak tertarik? Gue mah tertarik. 553 more words

Muamalah

Go-Pay Riba?!

Awalnya gue iseng-iseng lagi buka instagram, terus ada salah satu akun upload foto yang ada tulisan kalo Go-Pay riba. Akhirnya gue swipe fotonya dan gue baca captionnya kata demi kata. 836 more words

Muamalah

Berkah

Buka-buka arsip Telegram, nemu chat curhatan temen lama soal tikung menikung dalam dunia usaha. Ada ya orang yang emang hobi banget nikung usaha orang lain. Heran saya. 535 more words

Tausiyah